Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 9 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri di Perut Saat Haid

Mengatasi Nyeri Haid - Kaprikornus cewek itu memang nggak gampang! Setiap bulannya mereka harus menghadapi yang namanya menstruasi. Mens itu bukan hanya soal keluarnya darah kotor dari dalam organ intim saja, tapi juga soal bagaimana menahan rasa sakit yang kadang tak dimengerti para cowok. Baik itu nyeri, ngilu, kram, perih, dan sejenisnya tentu sudah bersahabat kami rasakan.

Tak jarang jikalau sudah menyerah, obat peluruh rasa sakit sering jadi solusinya. Tau sendiri kan efek obat-obatan kimia bagi kesuburan itu bagaimana? Oleh karena itu, sebelum kau mengonsumsi obat pereda nyeri sebaiknya tangani dulu deh dengan beberapa gerakan yoga sederhana berikut. Dijamin sembuh kok.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid dengan Gerakan Yoga

1. Duduk bersila

cara menghilangkan nyeri haid dengan yoga

Berbicara mengenai yoga tentu kita akan berpikir wacana ketenangan pikiran dan jiwa dalam diri. Hal ini wajar saja karena memang gerakan-gerakan yoga itu difokuskan untuk menenangkan diri. Salah satunya ialah duduk bersila.

Caranya duduklah bersila kemudian letakan tanganmu pada masing-masing ujung dengkul. Pose sederhana menyerupai ini dipercaya dapat melancarkan pernafasan dan mereggangkan otot-otot yang kaku. Sehingga tubuhmu pun akan lebih rileks sekaligus nyeri berkurang.

2. Seated Forward Fold

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Ketika sedang haid kadang nyeri muncul di bab perut bawah, kan? Nah untuk mengatasinya kau mampu melaksanakan pose seated forward fold. Pose ini menyerupai sekali dengan pemanasan olahraga yang sering kau lakukan ketika di sekolah.

Pertama duduklah dengan kedua tangan dan kakimu diluruskan ke depan. Tundukkan kepala sambil kedua tangan lurus dan berusaha menyentuh jari-jari kaki secara perlahan.

Note: sebaiknya jangan paksakan diri dulu bila kau belum mampu melakukannya dengan sempurna.

3. Gerakan merengek (balasana)

cara mengatasi nyeri haid pms mens

Pose ini sering disebut dengan pose a la anak kecil. Meski sekarang kau sudah besar, tak ada salahnya menerapkan pose ini. Karena faktanya, gerakan merengek menyerupai anak kecil ini ampuh meredakan nyeri haid lho.

Caranya posisikan badan sedang bersujud, lalu bentangkan tangan ke depan hingga menyentuh lantai. Pertahan posisi tangan tersebut sambil mengambil nafas pelan-pelan dengan hitungan hingga 10 kali. Percaya deh, rasa nyeri dan tak nyaman pada tubuhmu akhir mens akan segera sirna.

4. Pavanamuktasana

cara mengatasi nyeri haid mens pms

Sedangkan bagi kau yang susah kentut, pencernaan kurang lancar, dan nyeri perut cobalah untuk melaksanakan gerakan yoga pavanamuktasana ini.

Baringkan tubuhmu, kemudian tekuk satu atau dua kaki dengan tangan menarik hingga menyentuh bab dada. Gerakan ini dapat melancarkan sistem pencernaan sekaligus membuat perutmu terasa lebih nyaman.

5. Locust Pose (tengkurap)

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Mungkin kau juga sering tengkurap ketika nyeri sedang berada di puncaknya. Tapi tahukah, bahwasanya memang ada lho gerakan tengkurap yang ampuh untuk mengatasi nyeri haid. Yup, namanya locust pose.

Posisikan tubuhmu tengkurap, lalu tangan diarahkan lurus ke belakang punggung. Jangan lupa mengangkat dada dan kakimu bebarengan sambil menghela nafas. Untuk hasil terbaik lakukan gerakan ini hingga lima kali hela nafas panjang ya.

6. Cat Pose atau Marjaryasana

cara menghilangkan nyeri perut ketika haid

Dari namanya saja tentu kita sudah tahu bagaimana pose ini nantinya. Sesuai dengan namanya, cat pose merupakan gerakan yoga yang menyerupai dengan kucing ketika merangkak. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Marjaryasana.

Pose ini dilakukan dengan membengkokan punggung ke atas dan ke bawah menyerupai mirip kucing. Jangka waktu untuk melakukannya ialah 5 menit atau 10 kali helaan nafas panjang. Selain mengatasi nyeri, pose ini juga mampu merileksasi otot punggung dan kaki sehingga akan membuat tubuhmu lebih nyaman.

7. Sikap lilin

cara menghilangkan nyeri ngilu haid

Jika kau sering merasa nyeri ketika berbaring, mungkin kau mampu membuat variasi lain dengan sikap lilin. Baringkan tubuhmu sambil mengangkat kaki ke atas lurus sejajar dengan tembok.

Jangan lupa angkat pinggulmu supaya otot menjadi lebih rileks. Dengan sikap ini akan memperbaiki peredaran darah di tubuhmu sekaligus mengatasi sakit kepala, karena pedoman darah menuju ke otak menjadi lebih lancar.

8. Gerakan jongkok

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Dalam yoga gerakan satu ini sering digunakan ketika pose duduk berlangsung. Meski agak sulit, tapi kau mampu membiasakan diri dengan gerakan jongkok biasa dan dilanjutkan dengan memutar bab badan atas secara perlahan.

Nah apabila sudah agak lentur, cobalah untuk meletakan dua tangan di belakang punggung menyerupai pada gambar. Tarik secara perlahan-lahan menyerupai ketika kau ‘mulet’ supaya lebih terasa manfaatnya.

Dengan memutar bab badan atas ini, maka dadamu pun akan lebih lapang dan secara otomatis sistem pernapasan menjadi lancar. Gampang kan?

9. Pose setengah kayang

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Yang terakhir ialah pose setengah kayang. Kesulitan yang biasanya dialami ketika menerapkan gerakan ini ialah keseimbangan badan dan beberapa juga yang bahkan mengalami kesakitan ketika mendongakkan kepala.

Tapi semua itu tak apa asalkan kau melakukannya dengan hati-hati. Caranya posisikan tubuhmu lurus dengan menekuk kedua kaki. Kemudian secara perlahan posisikan kepalamu mendongak dengan kedua tangan yang menyentuh tumit. Tahan selama 30-60 detik supaya lebih terasa manfaatnya.

Jika dilakukan dengan baik dan rutin maka gerakan ini akan ampuh mengatasi nyeri haid karena berfokus pada otot yang biasanya kaku ketika datang bulan.

PMS memang menjadi cobaan bagi cewek setiap bulannya. Namun dengan melaksanakan gerakan sederhana diatas, tentu tak ada lagi alasan untuk mengonsumsi obat-obatan bukan? Asal kau lakukan secara perlahan, dijamin tubuhmu akan kembali nyaman untuk menjalani aktivitas. Semoga bermanfaat.


***
Tag : Blog, Kesehatan
0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 9 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri di Perut Saat Haid"

Back To Top