Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami – Memiliki kulit yang mulus memang bagi sebagian besar para wanita sangatlah sulit sekali. Kondisi yang tidak diinginkan terkadang kerap muncul dan membuat kulit tidak semulus dahulu lagi. Salah satu duduk perkara yang sering muncul dan menjadikan kulit kita tidak mulus yaitu strech mark.
Cara menghilangkan stretch mark perut dan paha
Stretch mark pada ibu hamil


Stretch mark yaitu sebuah guratan-guratan putih kemerah-merahan pada adegan tubuh yang memiliki panjang mulai dari milimeter hingga dengan belasan centimeter. Munculnya stretch mark dapat disebabkan karena elastisitas kulit melewati batasnya. Sehingga menyebabkan munculnya guratan-guratan tersebut.

“Agar lebih mudah memahami apa itu stretch mark bayangkan saja kau meniup sebuah balon hingga besar sekali dan hampir meletus. Sebelum meletus, kempeskan balon tersebut dan lihat apa yang terjadi, pastinya balon tersebut tidak akan semulus sebelumnya bukan? nah ibarat itulah gambaran mengenai stretch mark pada adegan tubuh”

Perbedaan Antara Selulit dan Stretch Mark

Banyak sekali diantara kita yang beranggapan bahwa pengertian selulit dan stretch mark itu sama. Padahal dalam dunia medis pengertian penyakit tersebut sangatlah berbeda meskipun bergotong-royong sekilas tanda yang muncul sama. Stretch mark sendiri merupakan sebuah perenggangan kulit yang melewati batas elastisitas. Sedangkan untuk selulit yaitu adegan kulit yang mengalami lemak berlebihan.
Cara menghilangkan stertch mark secara alami
Perbedaan bisa dilihat dari warna guratan
Sebenarnya untuk membedakan antara selulit dan stretch mark itu sangatlah mudah, kau bisa melihat warna dari guratan tersebut. Guratan selulit cenderung memiliki warna sama dengan kulit kamu, sedangkan untuk warna guratan dari stretch mark biasanya agak putih kemerah-merahan.

Penyebab Munculnya Stretch Mark di Tubuh

Biasanya stretch mark sering muncul pada ibu-ibu sehabis melahirkan. Munculnya stretch mark pada ibu hamil ini sangatlah wajar sekali, alasannya ketika ibu sedang hamil kulit mengalami perenggangan yang cukup tinggi. Akibatnya setelah melahirkan munculan sebuah guratan-guratan putih agak kemerah-merehan.

Sebenarnya stretch mark tidak hanya muncul pada ibu-ibu hamil, tetapi guratan tersebut juga bisa muncul pada tubuh siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dengan orang dewasa. Untuk belum dewasa dan remaja tidak perlu melaksanakan pengobatan strech mark, karena seiring dengan pertumbuhannya duduk perkara tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun untuk  menghilangkan stretch mark pada orang cukup umur sangatlah diharapkan pengobatan segera.

Adapun penyebab munculnya stretch mark pada adegan tubuh antara lain:
  • Perenggangan kulit secara berlebihan (contoh: ibu hamil)
  • Konsumsi obat-obatan yang mengandung steroid tinggi. Obat dengan kandungan senyawa tersebut dapat berpotensi merusak kolagen kulit, sehingga menyebabkan munculnya stretch mark.
  • Kekurangan konsumsi nutrisi, terutama vitamin A, E, dan C.
  • Akibat dari kegemukan yang tiba-tiba kurus dengan cepat.
  • Terlalu banyak konsumsi makanan-makanan berkalori dan berlemak tinggi.
  • Terkena sebuah luka yang membuat sel kulit tidak bisa tumbuh (mati).

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis yang Aman

Tindakan utama bagi seseorang yang memiliki stretch mark pada adegan kulitnya yaitu dengan menggunakan dua metode, yakni metode secara eksklusif dan tidak langsung. Menurut Dr. Amanda Lalita, Sp. KK, dermatologis dan venerologis kedua cara tersebut dengan berolahraga dan menghindari makanan-makanan tertentu.

Menurut beliau, olahraga merupakan cara menghilangkan stretch mark yang cukup mujarab secara tidak langsung. Saat berolahraga kulit secara otomatis akan lebih mengencang secara alami, kesudahannya guratan-guratan itupun bisa hilang dengan mudah secara tidak langsung.

Sedangkan cara mengobati stretch mark secara eksklusif bisa dilakukan dengan menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi, mengubah gaya hidup sehat, menghindari rokok, memenuhi asupan gizi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun beberapa pengobatan secara medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan strech mark antara lain:

1. Krim dan salep

Di apotik telah ada banyak sekali obat stretch mark yang dijual dari banyak sekali macam merek. Masing-masing merek tersebut mengklaim produknya bisa menghilangkan stretch mark dengan cepat dan aman. Namun faktanya, penggunaan krim atau salep bergotong-royong hanya berguna untuk menyamarkan warna guratan dari strech mark tersebut.

2. Terapi dengan laser

Memang cara menghilangkan stretch mark dengan laser itu sangatlah cepat dan mudah, bahkan dalam hitungan detik saja. Akan tetapi pada kenyataannya pengobatan stretch mark dengan laser hanya menyebabkan hilang sementara, setelah tidak melaksanakan pengobatan selama lebih dari 1 tahun guratan tersebut bisa muncul. Selain kurang efektif, pengobatan dengan laser juga memakan biaya cukup mahal.

Cara Mengobati Stretch Mark Secara Alami, Aman, dan Mudah

Nah dari pada kau membuang banyak waktu dan biaya hanya untuk mengatasi stretch mark secara medis, mendingan kau melaksanakan perawatan stretch mark secara alami. Yah, meskipun waktu yang kau pelukan lebih lama, tetapi cara alami menghilangkan stretch mark jauh lebih aman dari medis.

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami? berikut ada beberapa cara yang bisa kau lakukan sendiri di rumah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Tapi ingat, kau harus melaksanakan secara rutin dan telaten biar hasil maksimal.

1. Konsumsi air putih banyak

Seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi, stretch mark dapat muncul disebabkan karena elastisitas kulit mengalami penurunan. Nah untuk menjaga elastisitas kulit tersebut, silahkan kau konsumsi air putih sebanyak mungkin. Usahakan minimal setiap hari konsumsi 8-10 gelas. Dengan konsumsi air putih rutin, maka elastisitas dan kelembaban kulit kau lebih terjaga secara alami.

2. Kopi

Cara menghilangkan selulit dengan kopi mungkin sudah banyak sekali yang share di dunia maya. Ternyata kopi tersebut juga bisa kau gunakan untuk menghilangkan strech mark pada adegan paha dan perut. Namun biar khasiat kopi maksimal, silahkan gunakan bijih kopi yang dihaluskan secara langsung.

Hindari menggunakan kopi yang sudah diseduh, kopi manis, kopi yang sudah dicampur bahan-bahan tertentu, dan lainnya. Jadi, gunakan kopi yang masih alami saja. Caranya cukup campur kopi dengan air hangat hingga membentuk pasta, lalu oleskan secara rutin pada adegan guratan putih (stretch mark).

3. Bubuk cokelat

Menghilangkan stretch mark dengan coklat juga cukup mujarab. Masker coklat pada dasarnya mengandung kolagen cukup tinggi, yang mana kandungan kolagen ini bisa mengatasi stretch mark pada paha dan perut kamu. Dengan penggunaan secara rutin, guratan menjengkelkan tersebut bisa hilang.

Cara alami menghilangkan stretch mark dengan cokelat:
  • Pertama siapkan terlebih dahulu debu cokelat tawar (belum ada tambahan pemanis), lalu buatnya semacam pasta/krim dengan coklat tersebut. Pastikan pasta yang kau buat tidak terlalu cair dan pekat.
  • Oleskan pasta coklat tersebut pada adegan kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

4. Cocoa butter

Kokoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao. Cocoa butter sekarang ini telah banyak digunakan oleh para produsen kosmetik untuk membuat produk perawatan kecantikan kulit, ibarat salah satunya yaitu lotion dan sun block. Gunakan materi alami ini untuk menghilangkan stretch mark pada paha dan perut, caranya cukup dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah berdiri tidur minimal 2 kali sehari.

5. Minyak jarak

Sesuai dengan namanya, minyak satu ini berasal dari pohon jarak. Minyak jarak sudah semenjak jaman dahulu dipercaya bisa membuat kulit lebih abadi muda, menghilangkan keriput, dan mencegah penuaan dini. Berkat kandungan kolagen dan nutrisi mineral dalam minyak jarak, kau pun bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati stretch mark secara alami. Caranya cukup oleskan minyak tersebut secara merata pada adegan stretch mark selama 30 menit sehari.

6. Putih telur

Ambil telur, terserah mau telur ayam kampung ataupun bebek. Pecahkan telur tersebut dan pisahkan antara kuning telurnya, lalu kocok hingga mengeluarkan sedikit busa atau buih. Oleskan putih telur tersebut secara merata pada adegan stretch mark kau selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Dengan protein tinggi, putih telur sangatlah bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark paha dan perut.

7. Kentang

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat dari kentang yaitu dapat kita gunakan untuk menghilangkan stretch mark pada adegan kulit, paha, perut, dan adegan lainnya.

Cara mengatasi stretch mark dengan kentang cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada adegan stretch mark. Alternatif lain, kau bisa membuat aneka masker kentang..

8. Lidah buaya atau aloe vera

Mungkin banyak diantara kita yang mengenal pengecap buaya hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut secara alami saja, namun bergotong-royong manfaat pengecap buaya bisa lebih dari itu. Bahan alami ini mengandung vitamin E, C, dan A yang bisa membantu kau mengobati stretch mark secara alami.

Caranya cukup dengan mengoleskan gel pengecap buaya secara merata pada adegan stretch mark, tetapi biar gel tersebut bisa meresap secara optimal beri pijatan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan. Lalu bilas dengan menggunakan air masbodoh hingga bersih.

9. Gunakan lemon

Lemon merupakan buah yang cukup terkenal dengan rasa masamnya yang cukup tinggi, namun dibalik rasa masam tersebut ternyata lemon mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi. kandungan vitamin C ini dipercaya sangat baik untuk mengoptimalkan produksi kolagen dalam regenerasi sel-sel kulit gres pada kulit. sehingga lemon sangat mujarab untuk membantu menghilangkan stretch mark.

Cara mengobati stretch mark dengan lemon secara alami:
  • Belah 1 buah lemon yang masih segar
  • Oleskan belahan lemon tersebut pada adegan stretch mark secara merata
  • Diamkan hingga mengering dan meresap kiranya 30 menit
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

10. Minyak zaitun (olive oil)

Minyak zaitun sudah dikenal sejak  jaman dahulu kala sebagai cairan yang cukup memiliki kegunaan untuk manusia. Ada berbagai manfaat minyak zaitun yang bisa kita dapatkan, semua manfaat tersebut berasal dari kandungan-kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi ibarat vitamin A, D, dan E dipercaya bisa menghilangkan guratan putih dan merah pada adegan paha.

Cara alami menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun:
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  • Oleskan minyak tersebut setelah mandi selama 30 menit
  • Pastikan beri pijatan lembut pada guratan biar meresap
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih

11. Gula

Gula dapat kau jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit kasar. Dalam dunia kecantikan penggunaan gula sebagai scrub ini sering dikenal dengan proses exfoliasi. Agar hasilnya maksimal, campurkan gula dengan madu dan gosokan secara perlahan pada adegan stretch mark setelah mandi.


Tips Mencegah Stretch Mark Datang Kembali Dengan Mudah

Setelah stretch mark yang kau derita sudah sembuh, sekarang lakukan langkah pencegahan biar guratan tersebut tidak muncul kembali. Ada beberapa cara mencegah stret mark yang dapat kau lakukan, antara lain seperti:
  • Tidak mengonsumsi obat-obatan kartiko steroid dalam janga panjang
  • Kontrol berat tubuh kamu, jangan biarkan naik atau turun secara drastis
  • Hindari pertumbuhan otot secara berlebihan pada adegan tubuh
  • Ketika hamil, gunakan stagen pada adegan bawah perut untuk menyokong janin dan mencegah munculnya stretch mark pada adegan perut.
  • Terapkan program diet sehat, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga secara teratur setiap harinya.

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark secara alami dan medis yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Lakukan beragam cara diatas dengan telaten dan penuh ketekunan, sehingga nanti kau bisa menerima hasil perawatan secar optimal. Semoga bermanfaat.
2 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis"

Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. ayok buruan rasakan menjadi bandar untuk meraih Jutaan Rupiah hanya di : (www,s1288poker,com) (PIN BBM : 7AC8D76B)

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Back To Top