Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 22 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan – Ingin lebih sehat? Ganti minyak goreng kau dengan minyak zaitun. Pasti kau sering mendengarnya, iya kan? Selama ini minyak zaitun dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki banyak manfaat. Tak heran, harga minyak inipun jauh lebih mahal dari minyak goreng biasa.

Anggapan semacam itu memang benar sekali. Minyak zaitun mengandung beberapa senyawa alami yang cukup baik untuk mengatasi dan mencegah penyakit tertentu.
Kadar lemak yang terdapat di 100 gram minyak zaitun yaitu 100 gram. Meski tinggi lemaknya, minyak zaitun tetap sehat karena hanya 14 persen dari lemak itu yang berjenis lemak jenuh. Sisanya yaitu lemak tak jenuh yang justru menyehatkan untuk badan kita. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, omega-3, dan omega-6.

Khasiat Minyak Zaitun bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat minyak zaitun memang cukup besar, namun usahakan gunakan minyak ini secara bijak. Kamu harus tetap membatasi konsumsi minyak zaitun, alasannya kadar kalori 100 gramnya yaitu 885 kilokalori. Lalu, apa sajakah manfaat minyak zaitun itu?

1. Menurunkan kolesterol tinggi

Kegunaan minyak zaitun yang sering dikenal oleh masyarakat yaitu bisa menurunkan kolesterol. Kemungkinan kadar kolesterol kau akan turun bila mengonsumsi minyak zaitun, mengingat minyak ini mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), tapi tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam badan kamu.

Dulu saya sudah pernah membahas bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami, termasuk salah satunya dengan minyak ini. Anda bisa membaca kembali bila belum tau. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsilah dua sendok makan minyak zaitun setiap hari, semoga lebih nikmat kau juga bisa mencampur minyak zaitun dengan salad.

2. Mencegah resiko penyakit jantung

Jantung merupakan organ terpenting dalam badan kita. Ia berguna untuk memompa darah keseluruh tubuh. Kolesterol tinggi kadang menjadikan kerja jantung menjadi lebih berat, apalagi bila kolesterol jahat tersebut tertimbun di pembuluh darah.

Dengan konsumsi minyak zaitun minimal 4 sendok sehari dipercaya dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Bahkan beberapa jago mengungkapkan, minyak satu ini cukup bermanfaat untuk mencegah serangan jantung secara mendadak.

3. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Apakah kau menderita hipertensi? Kontrol tekanan darahmu dengan konsumsi minyak zaitun. Minyak satu ini memiliki kandungan potasium, serat, kalium, dan banyak sekali mineral alami yang dapat menurunkan darah tinggi.

Namun tidak semua jenis minyak zaitun berguna untuk hipertensi. Menurut penelitian, hanya jenis extra virgin saja yang bisa mengatasi darah tinggi. Untuk lebih jelasnya kau bisa baca cara menurunkan tekanan darah tinggi yang sudah saya ulas sebelumnya.

4. Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang muncul disebabkan karena pertumbuhan sel secara abnormal. Hingga sekarang belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkan kanker. Sebagai penderita, kita hanya bisa melaksanakan terapi untuk menghambat pertumbuhan kanker.

Sebelum kau terserang kanker, cegah dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kandungan antioksidan tinggi dalam minyak ini konon dapat mencegah pengaruh buruk radikal bebas. Terutama untuk wanita, minyak zaitun berguna mencegah kanker payu*dara.

5. Kontipasi

Kontipasi yaitu kondisi dimana seseorang tidak bisa buang air besar secara teratur atau tidak bisa sama sekali, hampir menyerupai sembelit. Jika kau mengalaminya, biasanya akan mengalami gejala-gejala tertentu. Misalnya menyerupai tinja menjadi keras dan padat dengan ukuran sangat besar atau justru kecil-kecil.

Mengonsumsi makanan berserat dari buah dan sayuran saja tidak cukup untuk melancarkan BAB. Solusinya, kau bisa mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 30 ml sehari. Konsumsilah secara rutin hingga kau bisa melaksanakan buang air besar minimal tiga hari sekali.

Minyak zaitun juga kerap sekali digunakan untuk membersihkan indera pendengaran dan mengatasi abses pada telinga. Namun kemungkinan, minyak ini tidak efektif untuk mengatasi kondisi tersebut.

Selain banyak sekali kondisi diatas tadi, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat minyak zaitun dalam menangani kondisi seperti:

- Diabetes
- Sakit kepala migrain
- Kanker ovarium
- Psoriasis
- Eksim
- Infeksi jamur
- Osteoarthritis
- Rheumatoid arthritis
- Bisul, kurap, dan sebagainya.

Catatan: perhatikan penggunaan minyak zaitun bagi kau yang sedang hamil, menyusui, dan yang ingin menjalani operasi. Sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun bagi kau yang berasal dari kalangan tersebut.

Manfaat Minyak Zaitun  Wajah dan Rambut

Tak hanya di bidang kesehatan saja, kegunaan minyak zaitun pun juga bisa kau rasakan untuk merawat kecantikan, khususnya wajah dan rambut. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah yang bisa kau dapatkan.

1. Merawat kulit

Kulit termasuk adegan terluar dari badan kita yang sering terkena pengaruh lingkungan. Misalnya menyerupai paparan sinar matahari, polusi, debu, kotoran, dan masih banyak lagi. Perlu derma ekstra semoga kulit tidak mengalami kerusakan.

Gunakan minyak zaitun secara merata keseluruh kulit kau sebelum beraktivitas. Minyak ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit ketika terkena sinar matahari berlebih, mencegah kotoran, debu, dan polusi udara. Bahkan minyak zaitun dapat membantu mengatasi kerutan/keriput.

Selain melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk:

- Menghilangkan jerawat dan komedo
- Masker alami untuk mengatasi wajah berminyak
- Menjaga kekencangan kulit
- Mencerahkan kulit wajah secara alami

Note: baca cara membuat masker wajah minyak zaitun untuk lebih jelasnya.

2. Merawat rambut secara alami

Melakukan perawatan rambut tidak selamanya harus pergi ke salon. Kamu bisa memakai campuran minyak zaitun dan madu untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut yang bisa kau peroleh.

Mengembangkan rambut secara alami

- Siapkan sebuah mangkuk, masukan dua butir telur, dan kocok dengan menggunakan sendok.
- Tambahkan minyak zaitun satu cangkir yang sudah dicampur madu. Aduk-aduk hingga tercampur secara merata, lalu diamkan 2 menitan semoga kalis.
- Selanjutnya balurkan mulai dari akar hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan keramas.

Memanjangkan rambut dengan cepat

- Tumbuk biji lemon dan lada, kemudian campurkan dua sendok makan minyak zaitun.
- Basuhkan secara perlahan keseluruh kulit kepala. Diamkan kurang lebih 30-40 menit, lalu bias dengan keramas.


Mengatasi rambut rontok dan bercabang

- Masukan banyak sekali materi alami menyerupai minyak zaitun, kelopak bunga mawar, ekstrak melati, dan madu ke dalam sebuah botol.
- Diamkan kurang lebih 24 semoga semua materi bisa tercampur rata.
- Selanjutnya basahi rambut dengan air hangat semoga pori terbuka, setelah itu oleskan ramuan tadi keseluruh adegan kepala. Jangan lupa pijat sebentar semoga meresap.
- Akhiri dengan membilas menggunakan air hirau taacuh atau keramas.

Selengkapnya baca: cara mengatasi rambut rontok dan bercabang

*manfaat selebihnya akan saya tambah lain waktu.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat dikelompokkan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Jenis minyak zaitun terbaik ketika ini yaitu extra virgin. Jenis ini diekstrak secara pribadi dari buah zaitun hanya dengan perasan. Dikatakan extra virgin, karena minyak ini diekstrak dari perasan pertama buah zaitun. Kadar keasaman extra virgin hanya 1 persen.

Kemudian ada jenis minyak zaitun virgin. Jenis ini juga didapat dari perasan pertama buah zaitun tapi dengan kadar keasaman 3 persen. Apabila extra virgin dan virgin dicampur, maka akan menghasilkan jenis lain yang diberi nama fino. Ada pula jenis minyak zaitun yang diperoleh dari kombinasi jenis virgin yang telah diolah dari extra virgin, inilah yang disebut dengan pure.

Jenis minyak zaitun terakhir yaitu light. Jenis ini telah melalui proses saring sehingga mensugesti warna minyak zaitun itu sendiri.

Minyak zaitun (kecuali extra virgin) bisa kau pakai untuk menumis atau memanggang. Namun, untuk menerima khasiat lebih maksimal, lebih baik konsumsi pribadi dengan cara mencipratkan pada sayuran selayaknya membuat salad.

Berapa Lama Minyak Zaitun Bisa Digunakan?

Ada produk minyak zaitun yang bisa bertahan hingga tiga bulan dari proses produksi. Akan tetapi ada juga yang dapat bertahan hingga dua tahun. Meski demikian, manfaatnya akan lebih baik apabila kau konsumsi kurang dari satu tahun. Menurut penelitian, kadar antioksidan dalam minyak zaitun akan turun drastis setelah disimpan selama setahun, walaupun bergotong-royong kau sudah menyimpan dengan baik dan benar.

Untuk menerima manfaat minyak zaitun secara optimal, usahakan membeli minyak zaitun kualitas terbaik yang bisa habis selama setengah tahun. Simpan kemasan di daerah yang gelap, jauh dari cahaya, dan hindari hawa panas. Lebih baik simpan dalam sebuah botol kedap udara atau kaleng logam.

Selain itu, kau juga bisa menyimpan minyak zaitun ke dalam lemari pendingin. Namun minyak zaitun nanti akan berubah warna dan teksturnya. Tak perlu khawatir akan hal tersebut, karena perubahan itu tidak akan mensugesti kualitas dari minyak zaitun kamu. Kondisi ini bisa kembali menyerupai semula ketika kau tempatkan minyak zaitun di suhu ruangan.

Bagaimana, apakah kau ingin mencoba minyak zaitun? Kamu bisa membelinya di supermarket atau apotik terdekat. Pastikan produk yang kau beli terdaftar di BPOM RI. Selanjutnya perhatikan tanggal produksi pada kemasan untuk mengetahui batas pemakaian minyak zaitun nantinya. Jika kau ragu, silahkan konsultasi ke dokter.

Itulah banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, wajah, dan rambut. Apabila ada yang kurang terang atau ingin menambahkan, jangan sungkan untuk memberikan melalui kolom komentar di bawah, kita akan diskusikan bersama-sama. Semoga bermanfaat!


Tag : Blog, Kesehatan
0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 22 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Luar Biasa"

Back To Top