Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 5 Cara Melentikan Bulu Mata Ampuh 10 Menit Tanpa Maskara

Cara Melentikan Bulu Mata Alami – Wanita mana sih yang tidak ingin memiliki bulu mata lentik? Semua pasti menginginkannya. Dengan bulu mata yang lentik, seorang wanita dapat terlihat lebih menarik perhatian, khusunya menarik perhatian di mata para pria.
Cara melentikan bulu mata secara alami
Bulu mata lentik secara alami
Untuk melentikkan bulu mata, terkadang kita menggunakan alat bantu menyerupai maskara, bulu mata palsu, kosmetika, dan lain sebagainya. Memang cara melentikan bulu mata tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, namun balasannya tidak akan bertahan lama.

Sebenarnya ada banyak sih cara melentikkan bulu mata selain menggunakan alat, termasuk salah satunya menggunakan materi alami. Meskipun terbilang merepotkan dan balasannya tidak instan, tetapi cara alami menurut saya jauh lebih aman karena tidak menjadikan iritasi pada mata.

Penyebab Bulu Mata Kurang Indah (tipis, rontok, dsb)

Sebelum kita membahas mengenai cara melentikan bulu mata, ada baiknya kau mengetahui beberapa penyebab bulu mata menjadi bermasalah. Sehingga akan membuat kita lebih mengerti dari mana dilema bulu mata sendiri.
  • Faktor usia: uban, rambut rontok, dan bulu mata menjadi tipis merupakan hal yang wajar ketika kau memasuki usia 30 tahun keatas. Kondisi ini disebabkan karena hormon penumbuh rambut mengalami penurunan kinerja dalam tubuh.
  • Keturunan/genetik: seorang ayah atau ibu yang memiliki bulu mata lentik, maka 70 % lebih akan diturunkan kepada anaknya. Maka dari itu, lihat terlebih dahulu apakah orang bau tanah kau memiliki bulu mata lentik?
  • Penggunaan kosmetik berlebihan: maskara, bulu mata palsu, kosmetika, dsb bahwasanya dapat membuat bulu mata mengalami kerontokan. Jika kau masih menggunakan, mulai sekarang hentikan!
  • Tanda penyakit tertentu: awas! Bulu mata rontok juga mampu menjadi mengambarkan sebuah penyakit berbahaya. Mulai dari tanda diabetes, kanker serviks, keputihan, dan masih banyak lagi.
  • Kurangnya asupan gizi: vitamin E, protein, asam folat, dan asam amino merupakan nutrisi yang baik untuk rambut/bulu. Kekurangan nutrisi tersebut secara otomatis akan menjadikan bulu mata menjadi rontok.

Cara Melentikkan Bulu Mata Permanen Secara Alami Tanpa Alat 

Dari pada kau menggunakan maskara dan bulu mata palsu, lebih baik simak beberapa tips yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini. Meski tidak instan, tapi beberapa cara melentikan bulu secara alami ini dijamin tidak akan membuat kau kecewa di masa depan.

Cara melentikan bulu mata alami
Telur udang mampu bantu melentikan bulu mata


1. Minyak zaitun

Menurut info yang beredar di dunia maya, minyak zaitun konon katanya digunakan oleh Ratu Cleopatra (ratu Mesir) untuk perawatan kecantikannya. Setiap pagi ratu tercantik sejagad tersebut menggunakan minyak ini sebagai masker wajah alami.

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, ternyata minyak zaitun mengandung vitamin E yang cukup dikenal baik untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi kesehatan vitamin E dapat meningkatkan imun/kekebalan, sedangkan bagi kecantikan mampu membuat bulu mata lentik secara alami.

Cara melentikan bulu mata dengan minyak zaitun:
  • Siapkan minyak zaitun atau olive oil murni, kau mampu membelinya di swalayan
  • Teteskan minyak zaitun di ujung jari, kemudian secara perlahan gunakan ratakan pada adegan bulu mata
  • Agar tidak terkena ke adegan mata, kau dapat memejamkan mata sejenak
  • Tunggu hingga minyak zaitun mengering, kemudian cuci dengan air dingin

2. Minyak kastor

Di dataran Mediterania dan Timur Tengah, minyak kastor dan zaitun banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Terbukti menurut WHO, penderita kanker dan serangan jantung di tempat tersebut sangatlah kecil.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak kastor juga baik untuk merawat bulu mata secara alami. Tapi jangan hingga kau salah pilih, alasannya minyak kastor memiliki warna dan tekstur yang hampir menyerupai dengan zaitun.

Cara melentikkan bulu mata dengan minyak kastor alami:
  • Siapkan minyak kastor secukupnya saja
  • Sebelum tidur, oleskan minyak tersebut secara merata pada adegan bulu mata
  • Jangan dibilas! Diamkan hingga pagi hari dulu
  • Setelah bangkit di pagi hari, bilas dengan menggunakan air cuek hingga bersih

3. Madu

Madu dikenal sebagai cairan lebah yang mengandung beragam nutrisi, mulai dari vitamin hingga dengan mineral alami. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, kandungan-kandungan tersebut juga mampu membantu melentikan bulu mata secara alami.

Cara melentikan bulu mata dengan madu alami:
  • Pilihlah madu yang berkualitas, jangan gunakan madu abal-abal baik itu madu hutan ataupun ternak
  • Tuang madu di sebuah wadah, kemudian oleskan secara perlahan pada adegan bulu mata.
  • Diamkan sejenak hingga madu kering dan meresap, biasanya ini memerlukan waktu 30 menit
  • Selanjutnya bilas dengan menggunakan air cuek hingga bersih

4. Susu murni

Susu dikenal sebagai minuman yang kaya akan kandungan nutrisi, hampir sama dengan madu. Biasanya susu digunakan untuk memutihkan kulit ketiak dan wajah, tetapi kali ini kita akan mencobanya untuk melentikan bulu mata.

Kenapa susu mampu membuat bulu mata lentik? Karena susu mengandung vitamin, protein, fosfor, kalsium, dan banyak sekali mineral alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut atau bulu.

Cara melentikkan bulu mata dengan susu secara alami:
  • Ambil susu murni (tanpa pelengkap tambahan) secukupnya
  • Kocok susu tersebut hingga mengeluarkan buih
  • Gunakan cairan susu tadi untuk mengoleskan pada adegan bulu mata (lebih baik lakukan setelah mandi)
  • Apabila sudah kering, bilas dengan air cuek hingga bersih secara sempurna

5. Telur udang

Ketika saya kecil dulu, telur udang saya gunakan untuk memanjangkan rambut pada adegan bersahabat dengan telinga. Meskipun hanya iseng dan ingin coba-coba, ternyata rambut saya beneran mampu tumbuh dalam waktu yang cepat lho.

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, ternyata memang benar, telur udang mengandung protein yang cukup tinggi. Bahkan kandungan protein dalam telur udang mampu dibilang lebih tinggi dari pada protein dalam daging sapi.

Cara melentikan bulu mata dengan telur udang:
  • Terlebih dahulu siapkan telur udang, saya lebih suka telur udang sungai (bukan ternak). Biasanya telur udang ini berwarna hijau
  • Ambil telur udang tersebut, kemudian pecahkan di tangan dan oleskan secara merata ke adegan bulu mata kamu
  • Meski kedaluwarsa bau cukup menyengat, tapi cobalah untuk mendiamkannya selama 30 menitan
  • Apabila sudah terasa kaku dan kering, bilas dengan air cuek hingga bersih. Agar kedaluwarsa bau hilang, kau mampu mandi lagi. 

 

Cara Merawat Bulu Mata Agar Tetap Lentik

Beberapa tips berikut ini akan membantu kau mencegah bulu mata lentik kembali ke bentuk semula, terutama mencegah kerontokan.
  • Sering-seringlah menyisir bulu mata dengan sisir bulu mata khusus.
  • Perbanyaklah konsumsi makanan biotin yang kaya vitamin E. Misalnya apel, jambu, pepaya, brokoli, bayam, dll.
  • Biasakanlah mencuci riasan mata dengan menggunakan derma remover. Sebab memaksa dapat menjadikan bulu mata rusak.
  • Jangan terlalu sering mengucek mata dikala terkena debu. Atasi dengan menggunakan tetes mata atau membasuh dengan air bersih saja.

Masing-masing cara alami diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walau tidak instan, tapi balasannya saya jamin tidak akan mengecewakan.

Apalagi jikalau kau mampu menggunakan telur udang secara rutin minimal 3 hari sekali, dijamin dalam 2-3 ahad bulu mata kau akan semakin lentik.
***

Jangan lupa share ya!

Baca juga: cara menebalkan alis mata
0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 5 Cara Melentikan Bulu Mata Ampuh 10 Menit Tanpa Maskara"

Back To Top