Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 11 Cara Meningkatkan Percaya Diri Hanya Dalam Hitungan Detik

Cara Meningkatkan Percaya Diri – Ketika kau hendak menghadiri sebuah program yang cukup besar dan meriah, pasti ada sedikit rasa minder atau ragu-ragu ketika hendak tampil dihadapan banyak tamu. Inilah yang sering disebut dengan menurunnya rasa percaya diri.
Cara meningkatkan percaya diri dengan mudah
I Can Do It, Kunci PD yang Tinggi 
Menurunnya rasa percaya diri dapat disebabkan karena banyak sekali macam faktor, mulai dari kurang tampil maksimal, belum memiliki standar tertentu, dalam keadaan buruk, dan bahkan belum memiliki mental baja untuk menghadapi sebuah problem tersebut.

Sebenernya untuk meningkatkan rasa percaya diri itu sangatlah mudah, namun terkadang banyak diantara kita yang salah melaksanakan caranya. Meskipun demikian, kau tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing beberapa tips meningkatkan percaya diri dengan cepat.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Hitungan Detik Saja

1. Tersenyum

Tersenyum bisa menjadi cara cepat meningkatkan percaya diri kamu. Tersenyum akan membuat hormon endorpin dalam badan meningkat, melancarkan sirkulasi darah pada area wajah, dan tentunya bisa menunjukkan kenyamanan. Tersenyum tidak hanya dilakukan ketika merasa senang, kau pun juga bisa mencoba tersenyum ketika sedang merasa ragu/minder. 

Dengan tersenyum ketika merasa ragu atau kurang percaya diri, maka bisa saya pastikan kau akan lebih PD dan nyaman. Namun jangan tersenyum berlebihan, karena senyum berlebihan akan mengakibatkan presepsi orang lain terhadap diri kamu.

2. Tatap mata lawan bicara kamu

Ketika sedang wawancara kerja ataupun presentasi di depan umum, maka rasa percaya diri yang tinggi sangatlah diperlukan. Sama halnya dengan tersenyum, kau pun dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan menatap lawan bicara ketika wawancara atau presentasi. Tataplah mereka dengan ramah dan hangat, lebih baik lagi sesekali kau berikan senyuman termanis, sehingga audiens nanti lawan bicara bisa kau kuasai.

Dikutip dari Confident Eye Contact, Unlimited Confidence “Kontak mata secara pribadi akan menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi ketika kau berbicara di hadapan umum. 
Munculnya ragu biasanya dikarenakan seseorang kurang menguasai pendengar. Tataplah mata lawan bicara kamu, maka beliau akan kau kuasai. Bahkan minat mereka mengenai kau juga akan lebih tinggi”

3. Ubahlah bunyi dalam diri kamu

cara meningkatkan rasa percaya diri


“aku bodoh”, “nampaknya ini sulit”, “aku belum mampu”, “ini nasib”, dan sebagainya. itulah beberapa pola kalimat yang sering kita ucapkan ketika merasa minder dan kurang percaya diri. Kata dalam hati sangatlah besar lengan berkuasa besar pada rasa PD kamu. Ubahlah anggapan-anggapan yang membuat kau merasa ragu-ragu dengan anggapan kata hati memperabukan semangat.

Kalau saya lebih suka membaca kata-kata motivasi dari para motivator, ibarat Mario Teguh dan Bob Sadino. Meskipun hanya sekedar meme dalam ponsel, namun kata-kata tersebut membuat saya bisa mengubah kata hati dan lebih percaya diri. Jadi, yang pasti jangan berfikiran negatif dulu mengenai hasil selesai nantinya.

4. Lupakan standar yang dimiliki orang lain

Setiap orang memiliki standarnya masing-masing, kau tidak akan mungkin bisa memuaskan mereka dengan menggunakan standar sendiri. Standar-standar semacam inilah yang terkadang membuat kita merasa krisis percaya diri. Solusinya, biarkan orang lain berkata kau gendut, cungkring, jelek, bodoh, dan lainnya.

Usahakanlah tetap bertahan kepada standar yang kau miliki. Ingat setiap masyarakat memiliki standar yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan rasa percaya diri kau tidak perlu memenuhi semua standar yang ditetapkan oleh masyarakat.

5. Tampilan serapih dan semaksimal mungkin

Meskipun kau hanya memiliki sedikit waktu, tetapi cobalah untuk tampil semaksimal mungkin. Pergilah ke kamar mandi sebentar untuk berkaca, meluruskan kerah, membenahi rambut yang berantakan, mencuci muka, dan lain sebagainya. Apabila kau sudah tampil serapi mungkin, rasa percaya diri akan mudah sekali meningkat.

“cara membangun rasa percaya diri yang tinggi bisa kau lakukan dengan tampil serapi mungkin di banyak sekali kesempatan. Tampil rapi ini sudah menjadi fakta semoga seseorang bisa lebih percaya diri.Seseorang yang tampil rapi, maka oang lain akan melihat impresi lebih baik” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)

6. Bermeditasi dan berdoalah

Jika memang kau percaya dengan Yang Maha Kuasa atau Tuhan, berdoa merupakan cara meningkatkan rasa percaya diri yang cukup baik, terutama jikalau dilakukan bersama meditasi. Langkah ini cukup baik sekali untuk mundur sejenak dari rutinitas yang serba cepat. Dengan berdoa dan bermeditasi sejenak, maka hati kau lebih damai dan rasa percaya diri pun meningkat.

“Ya Tuhan, terima kasih banyak engkau telah menerimaku dan mencintaiku apa adanya. Bantulah saya untuk melaksanakan hal yang sama...dan bantulah saya tumbuh dengan rasa percaya diri yang meningkat. Ini semua saya lakukan untuk keagunganMu ya Tuhan. Terima kasih karena engkau telah mendengar dan menjawab doaku ya Tuhan, aamiin.” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International)

7. Reka Ulang

Terkadang ketika sebuah kejadian berada di luar kehendak kita, maka akan mengakibatkan rasa percaya diri menjadi berkurang cukup drastis. Seperti misalkan ketika kita menumpahkan minuman dalam gelas, terlambat ke kantor karena macet, berbicara ditanggapi dingin, berbicara kurang lucu tetapi garing, dan masih banyak lagi.

Kondisi-kondisi di luar rencana kita semacam ini kerap sekali muncul. Solusinya lakukanlah “reka ulang”, maksudnya berfikirlah sesuai ketika rencana awal tadi yakni berfikir positif. Sebab tekadang kejadian yang tak terduga tersebut membuat kita menjadi berfikir negatif dan ragu-ragu.

8. Tentukan langkah selanjutnya ketika itu juga

Jika kau yakin pada diri sendiri, maka silahkan temukan satu langkah saja yang sekiranya membuat kau lebih mengenal lawan bicara. Misalnya ibarat menatap mata lawan bicara, memperkenalkan diri kepada orang asing, memecahkan kebekuan ketika meeting, dan masih banyak lagi.

Cukup dengan menentukan satu langkah senderhana yang sekiranya bisa kau lakukan dengan baik. Mulailah bertindak sekarang juga meskipun bekerjsama kau tidak mengetahui gambaran terang mengenai hal yang dilakukan.

9. Bicaralah secara perlahan

Tips meningkatkan percaya diri selanjutnya ialah dengan bicara secara perlahan. Bicara terlalu cepat dapat membuat kau menjadi kurang PD, alasannya ialah bicara cepat pertanda seseorang yang sedang tergesa-gesa dan ragu atau bahkan minder dengan omongan yang beliau ucapkan. Ada baiknya kau berbicara perlahan-lahan semoga pendengar bisa mencerna 
materi yang kau bicarakan.

Berbicara perlahan dan berwibawa bisa menujukan kepercayaan diri seseorang yang tinggi. Pembicaraan cepat tidak layak didengar, karena orang yang berbicara cepat menganggap materinya kurang bermutu dari pada berbicara perlahan-lahan.

10. Ikut ambil bagian

Pernahkah kau dalam sebuah kelas seharian tanpa mengucapkan sepatah kata pun? Atau ketika jalan-jalan bersama sobat hanya menatap sebuah gelas tanpa berbicara apapun? Nah inilah yang membuat seseorang kurang percaya diri. Biasanya kondisi semacam ini terjadi pada kau yang memiliki sifat pendiam.

Namun apapun kondisi kamu, cobalah untuk sesekali ambil episode dalam sebuah rangkaian program tersebut. Kamu bisa berbicara sejenak dan mengutarakan sebuah pendapat, dengan kau ambil episode dalam rangkaian acara tersebut, maka orang lain bisa memposisikan eksistensi kamu. lebih baik lagi, kau bisa mengutarakan sebuah pembicaraan yang memotivasi teman-teman.

11. Bersyukur dengan apa yang kau miliki

cara meningkatkan rasa percaya diri


Meningkatkan rasa percaya diri juga bisa kau lakukan dengan cara bersyukur. Meskipun terasa cukup sederhana, tetapi bersyukur sangatlah mujarab untuk membangun rasa peracaya diri yang kuat.

Tidak perlu kau iri dengan orang lain miliki, belum tentu mereka memiliki yang kau punyai. Membangun sikap bersyukur bisa kau lakukan dengan cara mengamalkan sedikit harga ke masjid ataupun orang yang membutuhkan.

Itulah beberapa cara meningkatkan percaya diri dalam hitungan detik saja. Lakukan semua point yang telah saya utarakan diatas sekarang juga, baik ketika kau ingin menghadapi sebuah wawancara, presentasi, kumpul bareng temen, ataupun lainnya.
Tag : Blog, Harus Tahu
0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 11 Cara Meningkatkan Percaya Diri Hanya Dalam Hitungan Detik"

Back To Top