Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 22 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya – Pada dasarnya, verbal berfungsi untuk mengeluarkan suara-suara yang nantinya akan direspon oleh lawan bicara kita, baik itu secara eksklusif ataupun tak eksklusif (melalui media menyerupai handphone). Apabila kau berbicara eksklusif dengan seseorang, semua itu akan terasa nyaman ketika tidak adanya busuk mulut.


Cara menghilangkan busuk napas
Bau verbal membuatmu merasa minder kan?


Bau verbal merupakan problem kesehatan yang sulit sekali untuk diketahui diri sendiri. Kebanyakan orang mengecek busuk verbal dengan cara meniupkan atau menghembuskan napas ke tangan, kemudian napas tersebut dicium busuk atau tidak. Sebenarnya cara ini tidak cukup efektif untuk mengetahui busuk verbal kamu, bahkan sama sekali tidak bekerja. Salah satu cara mengetahui busuk verbal yaitu dengan menjilat telapak tangan, diamkan hingga air liur kering dan cium apakah busuk atau tidak. Apabila busuk menyengat, itu berarti bermasalah.

Penyebab busuk verbal pun sangat beragam sekali, sariawan yaitu salah satunya. Munculnya sariawan dapat menyebabkan adanya abuh dan bakteri, dari sinilah busuk verbal berasal. Merokok juga pantas dikatakan sebagai penyebab busuk napas, mungkin kau sudah tahu alasannya mengapa. Dan yang paling kuat yaitu gigi berlubang. Adanya gigi berlubang dapat memicu penumpukan sisa makanan, yang nantinya akan membusuk dan menyebabkan busuk verbal kurang sedap.

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap dengan Mudah 

Sebenarnya cara mengatasi busuk verbal sangat mudah sekali, kau hanya tinggal secara rutin menggosok gigi setiap kali mandi, ditambah dengan berkumur-kumur secara rutin sebelum dan sesudah bangkit tidur. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menghilangkan busuk verbal dengan cepat, simak beberapa tips yang telah saya rangkum dari beberapa situs kesehatan terpercaya berikut ini.

Cara menghilangkan busuk mulut
Sikat gigi rutin bisa bantu atasi busuk mulut


1. Rutinlah menggosok gigi

Hal paling dasar yang harus segera kau lakukan yaitu menggosok gigi secara rutin, setidaknya sebanyak 2x sehari setiap kali mandi. Dengan keadaan gigi yang selalu bersih dan terbebas dari sisa makanan, maka busuk verbal tidak akan menyerang kau lagi. 

Akan tetapi usahakan jangan menggosok gigi terlalu agresif, karena bisa menyebabkan enamel hancur, sehingga gigi akan mudah berlubang dan mengalami kerusakan.

2. Jika perlu, gunakan benang gigi

Para andal bilang “menggosok gigi saja tidak cukup”. Menggosok gigi memang sekilas dapat membuat gigi terlihat lebih bersih, namun bersama-sama masih ada beberapa sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Apabila makanan  tersebut tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan munculnya plak dan karang gigi. Agar sisa makanan dapat hilang secara maksimal, gunakan pula benang gigi.

3. Gunakan obat kumur anti-bakteri

Obat kumur anti-bakteri sangatlah memiliki kegunaan untuk membunuh basil dan menghilangkan plak/karang gigi. Cara menghilangkan busuk verbal dengan berkumur ini cukup efektif apabila kau lakukan setiap bangkit tidur. Mengingat ketika tidur banyak sekali basil yang berkembangbiak dan menyebabkan munculnya busuk tak sedap.

4. Mengangkat kotoran dan basil pada lidah

Bakteri penyebab busuk verbal tidak hanya dapat bersarang di sela-sela gigi saja, mereka juga bisa bersarang di adegan lidah. Secara tidak langsung, bakteri-bakteri tadi akan membentuk lapisan yang mana menyebabkan busuk mulut.

Untuk mengatasi problem satu ini, kau bisa menggosok permukaan pengecap secara rutin dengan menggunakan sikat gigi. Bila perlu, belilah alat pembersih pengecap khusus karena sudah dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama pada permukaan lidah.

5. Berhenti merokok sekarang juga

Agar seseorang dapat berhenti merokok 100 % memang sulit, bahkan sangat-sangat sulit sekali. Akan tetapi bila kau tak ingin dijauhi oleh orang disekitar karena busuk napas, motivasilah diri sendiri untuk mulai mengurangi rokok hingga nantinya berhenti total.

Bila kau butuh sedikit perlindungan untuk bisa move on dari rokok, belilah nikotin tempel di apotik terdekat. Itu terbukti cukup efektif untuk membantu seseorang mengurangi kecanduan rokok.

6. Permen karet bebas gula

Setelah simpulan makan malam, janganlah kau makan permen yang manis-manis. Permen manis dapat memicu basil pada adegan mulut. Ada baiknya, kau mengganti permen manis tersebut dengan permen karet bebas gula.

Menurut salah satu Dr. Kesehatan Gigi terkemuka “Permen karet dapat memberi pertahanan alami terdahap asam plak penyebab busuk verbal dan kerusakan gigi dengan cara merangsang produksi air liur pada mulut”.

7. Perbanyak konsumsi air putih

Seperti kita ketahui sebelumnya, air putih sangatlah efektif untuk mencegah adanya dehidrasi dan panas dalam. Keadaan verbal yang kering (dehidrasi), dapat memicu munculnya busuk verbal kurang sedap. Oleh alasannya yaitu itu, ada baiknya kau memperbanyak konsumsi air putih.

Sejatinya menurut para andal konsumsi air putih sehari itu harus 8-10 gelas, lebih banyak akan lebih baik. Namun apabila kau sudah memperbanyak konsumsi air putih busuk verbal masih ada, maka lebih baik konsultasikan kepada dokter atau ahlinya.

8. Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara rutin

Ini khusus buat kau yang menggunakan kawat gigi dengan alasan medis, bukannya mengikuti trend. Kawat gigi merupakan sebuah alat penahan yang memiliki kegunaan untuk meratakan gigi yang melenceng.

Adanya kawat gigi dapat memicu banyaknya sela pada area mulut, sehingga basil pun mudah berkembang. Maka dari itu, usahakan setiap gosok gigi bersihkan pula sela-sela kawat secara menyeluruh.

9. Waspadalah terhadap penyakit gusi!

Penyakit gusi atau yang disebut dengan periodontal, dapat menjadi salah satu penyebab busuk verbal kurang sedap. Hal ini dapat muncul disebabkan karena dasar gigi (gusi) terdapat banyak sekali basil yang tidak dibersihkan secara menyeluruh. 

Apabila kondisi sakit gusi sudah cukup parah, sangat saya sarankan kau kunjungi periodontist atau dokter andal penyakit gusi, supaya menerima penanganan yang lebih baik.

10. Bertatap muka dengan dokter

Apabila kau benar-benar ingin terbebas dari banyak sekali macam problem verbal dan gigi, lebih baik luangkanlah waktu setidaknya 6 bulan sekali untuk bertatap muka dengan dokter seorang andal gigi. Selanjutnya mintalah kepada dokter ybs untuk melaksanakan spa pada gigi kau setidaknya setiap dua kali sebulan secara rutin.

11. Sediakan buah-buahan segar di lemari es

Buah-buahan sangatlah efektif untuk menghilangkan busuk verbal tidak sedap. Kandungan nutrisi di dalam buah dipercaya bisa membunuh kuman dan basil pada adegan mulut, dengan konsumsi secara rutin maka verbal pun akan harum dan sehat. Salah satu buah yang cukup efektif untuk menghilangkan busuk verbal yaitu buah alpukat.

Adapun tumpuan buah-buahan penghilang busuk verbal lainnya antara lain:

- Stroberi: buah satu ini memiliki rasa masam – manis. Dipercaya kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu mengatasi busuk verbal kamu.

- Lemon: lebih masam lagi yaitu buah lemon. Selain mengandung senyawa vitamin 
C tinggi, lemon juga mengandung zat anti-bakterial.

- Buah pir: buah ini memiliki tekstur yang kasar agak renyah, sehingga cukup efektif untuk menghilangkan busuk verbal akhir karang gigi. Agar maksimal, kunyah-kunyah buah pir secara merata.

- Jambu biji: entah ini pendapat atau bukan, yang terperinci jambu biji sangat efektif untuk mengatasi busuk verbal membandel. Cobalah untuk mengonsumsinya sebanyak minimal 2x sehari.

12. Minum green tea

Nama teh hijau dari hari ke hari semakin populer saja. Teh satu ini mulai terkenal setelah diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau juga baik untuk mengatasi busuk verbal tak sedap. 

Hal ini dapat terjadi karena kandungan senyawa aktif catechin mampu membunuh kuman dan bakteri. Ketika busuk verbal menerpa, minumlah setidaknya 2-3 gelas teh hijau dalam sehari.

13. Konsumsi lebih banyak vitamin C

Cara menghilangkan busuk verbal selanjutnya yaitu dengan konsumsi makanan bervitamin C. Mungkin banyak yang mengenal buah jeruk mengandung vitamin C paling tinggi, akan tetapi menurut penelitian bersama-sama buah jambu-lah yang berada di peringkat pertama. Oleh alasannya yaitu itu, usahakan konsumsi makanan bervitamin C tinggi secara rutin supaya busuk verbal hilang.

14. Menghilangkan busuk verbal secara alami

Siapa sih yang tidak ingin memiliki busuk verbal segar dan harum? Semua orang tentunya menginginkan hal tersebut. Nah, supaya lebih cepat hilangnya terapkan beberapa cara mengatasi busuk verbal secara alami berikut ini.

- Ketumbar: rempah satu ini diperkaya dengan antibakterial yang bisa menghilangkan busuk napas tak sedap. Caranya rebus ketumbar, kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin setiap harinya.

- Jeruk nipis dan madu: selain bisa membantu menghilangkan busuk mulut, ramuan ini juga bisa bantu sembuhkan batuk. Caranya campurkan kedua materi tadi secukupnya, kemudian minum secara rutin.

- Daun sirih dan lengkuas: kedua materi ini sering digunakan untuk merawat kawasan kewanitaan, tetapi bersama-sama juga cukup efektif untuk mengatasi busuk napas kurang sedap. Caranya rebus daun sirih dan geprekan lengkuas, lalu gunakan sebagai obat kumur setiap bangkit tidur.

- Kayu manis: selain bermanfaat untuk mengatasi penyakit, kayu manis juga terbukti untuk mengatasi busuk napas. Caranya seduh kayu manis dengan air panas menyerupai membuat teh hangat, kemudian minum sehari sebanyak 2x.

- Kencur: cara menghilangkan busuk verbal – pertama rebus 10 gram kencur, pinang, tanaman adas, 15 daun sirih, temu ros, dan air setengah liter hingga mendidih. Setelah itu saring dan konsumsi minimal 2x dalam seminggu.

Cara Mencegah Bau Mulut Tak Sedap dengan Mudah

Dari beberapa cara menghilangkan busuk verbal diatas, mungkin ada beberapa yang memiliki kegunaan sebagai tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan busuk verbal juga sangat efektif diterapkan setelah busuk verbal hilang. Adapun cara mencegah busuk verbal antara lain:

1. Usahakan selalu menyediakan permen mint di tas atau celana kamu. Alasanya jelas, permen mint bisa membantu mencegah busuk napas meskipun dalam waktu singkat.

2. Makan yoghurt setiap pagi hari. Yogurt tawar tanpa gula terbukti cukup efektif untuk membunuh basil pada mulut. Jika ingin terbebas dari busuk napas, lebih baik konsumsi setiap sebelum melaksanakan kegiatan rutin.

3. Konsumsilah keju rendah karbohidrat tapi tinggi kalsium. Keju jenis ini bisa membantu meningkatkan produksi air liur yang mengandung tinggi akan anti-bakterial.

Itulah beberapa upaya yang bisa kau lakukan untuk menghilangkan busuk verbal busuk dengan cepat. Sebagai tambahan, ketika menerapkan cara mengatasi busuk verbal secara alami, lebih baik lakukan 1 cara saja secara konsisten. Jangan berganti-ganti materi alami lain sebelum ada reaksi. Selamat mencoba dan semoga risikonya memuaskan, salam.


Tag : Blog, Kesehatan
0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 22 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya"

Back To Top