Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 16 Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen Mudah Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Badan – Bau tubuh merupakan aroma tidak sedap yang keluar dari lipatan ketiak kita. Menurut dunia medis, penyebab busuk tubuh tersebut muncul karena adanya basil pada lapisan pori yang tertutup oleh keringat kita. Meski prosentasenya hanya 1 %, namun basil tersebut akan bisa memecah protein dan mengubahnya menjadi asam yang menyebabkan busuk kurang sedap.
Cara menghilangkan busuk tubuh secara alami
Bau tubuh membuatmu kurang PD

Sebenarnya busuk tubuh tidak termasuk kedalam duduk perkara yang serius, akan tetapi jikalau dibiarkan busuk kurang sedap tersebut dapat membuat rasa percaya diri kita turun, terutama ketika berkeringat. Terkadang, busuk tubuh menyebabkan kita sering merasa stres.

Tips Menghilangkan Bau Badan Permanen Dengan Mudah dan Cepat

Untuk mengatasi busuk badan, sesungguhnya cukup mudah sekali. Nah bagi kau yang memiliki duduk perkara tersebut, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan busuk tubuh dengan cepat yang bisa kau lakukan sendiri di rumah.
Cara alami menghilangkan busuk tubuh dengan mudah
Pusat busuk tubuh berasal dari ketiak


1. Mandi 2x sehari

Apakah kau jarang mandi? Jika benar, maka bisa jadi itu merupakan penyebab busuk badan. Pada dasarnya setiap hari tubuh kita mengeluarkan keringat melalui pori. Dari keringat inilah nanti akan menyebabkan basil mudah menempel dan bersarang. Sehingga apabila tidak kau bersihkan secara rutin, bakteri-bakteri tersebut akan menyebabkan munculnya busuk badan.

Menurut para mahir kesehatan, mandi terbaik untuk menghilangkan busuk tubuh dan basil di tubuh yaitu 2x sehari. Lebih baik lagi, ketika mandi gunakan sabun yang diperkaya dengan kandungan antibakterial di dalamnya.

2. Gunakan deodorant atau antiperspirant

Deodorant dan antiperspirant sekarang ini tengah menjadi produk populer di kalangan masyarakat untuk mengatasi duduk perkara keringat dan busuk badan. Meskipun sekilas sama, tetapi sesungguhnya fungsi dari kedua produk ini sangatlah berbeda sekali. Bahkan banyak juga konsumen yang belum tahu apakah sesungguhnya produk ini berkhasiat atau tidak untuk mereka.

Deodorant merupakan produk yang berkhasiat untuk mencegah busuk badan, tapi tidak bisa mengurangi keluarnya keringat. Sedangkan antiperspirant bisa kau gunakan untuk mengurangi keringat. Antara kedua pilihan tersebut saya sarankan untuk memilih deodorant saja. Sebab biasanya antiperspirant terkadang membuat kulit mengalami iritasi, peradangan, dan biang keringat.

3. Hindari makanan-makanan penyebab busuk badan

Supaya busuk tubuh tidak menghantui kehidupan kau sehari-hari, maka hindarilah makanan yang menjadi penyebab busuk tersebut. Adapun makanan-makanan penyebab busuk tubuh antara lain seperti:

- Daging merah

Daging merah termasuk makanan yang sulit dicerna oleh usus kita. Butuh waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencerna daging tersebut. Akibatnya, ada zat yang masih tersisa dalam usus berupa racun. Zat inilah yang menyebabkan keluarnya busuk keringat kurang sedap.

- Rempah-rempah

Memang rempah sangat bermanfaat untuk bumbu masak, tetapi ada beberapa rempah yang dapat membuat busuk tubuh menyengat. Adapun rempah-rempah tersebut antara lain menyerupai bawang merah, bawang putih, bumbu kari, dan terasi. Hindarilah rempah-rempah tersebut biar busuk tubuh tetap terjaga.

- Alkohol dan kafein

Ngopi setiap pagi memang sudah menjadi kebiasaan orang ketika di kantor. Namun kebanyakan dari mereka tidak sadar sesungguhnya kebiasaan tersebut dapat menyebabkan busuk badan.

Selain orang yang suka ngopi, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa menjadi penyebab busuk badan. Oleh alasannya itu, jikalau ingin terhindar dari busuk badan, kurangi konsumsi kopi dan alkohol sebisa mungkin.

- Makanan cepat saji junkfood

Makanan-makanan instan pada dasarnya dibuat dengan banyak sekali macam senyawa. Kandungan-kandungan senyawa ini nantinya akan membusuk dalam tubuh dan bahkan sulit diurai. Sehingga menyebabkan busuk keringat menjadi kurang sedap. Makanan-makanan tersebut menyerupai mie instan, sarden, dan masih banyak lagi.

- Tembakau

Apakah kau suka merokok? Jangan heran apabila busuk tubuh menyerang. Bau tersebut dapat muncul disebabkan karena senyawa kimia dari asap rokok memecah asam pada keringat. Akibatnya, keringat kau akan lebih bau.

Meskipun kau sudah berhenti merokok selama beberapa hari, tetapi busuk tubuh tersebut akan tetap stay dan susah hilang hingga beberapa bulan kedepan.

4. Perbanyak konsumsi buah-buahan

Buah-buahan segar termasuk kedalam makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, buah akan membuat usus menjadi lebih sehat dan keringat pun tidak bau. Beberapa buah menyerupai apel, jeruk, pepaya, jambu biji, dan lainnya dipercaya dapat membantu menghilangkan busuk keringat secara alami. Maka dari itu, konsumsilah buah-buahan segar setiap harinya.

5. Daun sirih

Mungkin kita lebih mengenal daun sirih itu baik untuk perawatan tempat organ kewanitaan. Namun ternyata selain itu, kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun herbal ini juga baik untuk mengatasi busuk tubuh kamu.

Caranya:
  • Petik daun sirih yang masih segar beberapa lembar
  • Lalu tumbuk daun tersebut hingga halus dan oleskan keseluruh adegan tubuh
  • Usahakan adegan ketiak kau beri gosokan lembut selama 5 menit
  • Diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan mandi air hangat
Selain menggunakannya dari luar, kau juga bisa menghilangkan busuk tubuh dari dalam tubuh. Caranya cukup rebus daun sirih dan konsumsi air rebusannya secara rutin. Tidak hanya membantu mengatasi busuk badan, tetapi air rebusan tersebut juga baik untuk mencegah busuk ginjal.

6. Cuka putih

Lho bukannya cuka memiliki busuk yang kurang sedap (kecut)? Memang benar cuka memiliki busuk asam yang cukup menyengat. Akan tetapi sesungguhnya kandungan asam pada cuka tersebut dapat membunuh kuman dan basil penyebab busuk keringat kamu.

Apabila kurang suka dengan metode ini, kau dapat mencoba cara yang lain. Namun jikalau penasaran, berikut beberapa metode cuka putih yang dapat dilakukan.

Metode 1: teteskan cuka secukupnya di atas kapas. Lalu gunakan kapas tersebut untuk menggosok pada adegan ketiak secara merata.

Metode 2: teteskan eksklusif cuka tersebut pada adegan lipatan-lipatan tubuh yang dianggap bau. Mulai dari lipatan lutut, lipatan lengan (ketiak), dan lain sebagainya.

7. Daun kemangi

Tentunya kau sudah tidak abnormal lagi dengan daun satu ini. Yup, kemangi sering digunakan sebagai lalapan ketika mengonsumsi pecel, lele bakar, ataupun makanan lainnya.

Aromanya yang khas dari daun kemangi sangatlah baik untuk menghilangkan busuk mulut. Selain itu, kandungan mineral dan antibakterial pada daun kemangi juga dipercaya dapat membantu mengatasi busuk badan.

Caranya cukup mudah kok, kau hanya perlu mengonsumsi daun kemangi secara rutin. Apabila kurang suka, kau dapat mengonsumsinya bersama dengan makanan lain menyerupai layaknya lalapan pada umumnya.

8. Mentimun

Ketimun, mentimun, atau timun merupakan sayuran yang sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Sayur satu ini identik dengan kandungan airnya yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk merawat kecantikan, kandungan antibakterial pada timun juga bisa membantu menghilangkan busuk tubuh kamu.

Caranya:
  • Potong buah mentimun yang masih segar menjadi beberapa bagian
  • Gosokan bagian-bagian tersebut secara lembut ke kulit ketiak sehabis mandi
  • Selain mengosokan langsung, kau juga bisa membuat campuran mentimun dengan madu atau materi lainnya. Namun itu dikhususkan untuk memutihkan ketiak secara alami.

9. Daun beluntas

Sama menyerupai daun kemangi, beluntas juga sering digunakan sebagai materi baku pembuatan lalapan. Beluntas biasanya tumbuh liar di sekitar perkebunan. Kamu bisa memetik daun beluntas yang masih segar, kemudian menumbuk dan mengoleskan tumbukan tersebut secara merata keseluruh adegan tubuh. terutama pada adegan lipatan, menyerupai ketiak dan lutut.

10. Jeruk nipis atau lemon

Tidak bisa dipungkiri memang, jeruk nipis dan lemon memiliki manfaat sangat besar bagi kita. Selain dapat membantu menghilangkan panu secara alami, kedua materi tersebut dapat kita gunakan untuk mengatasi busuk badan.

Hal ini dapat terjadi mengingat lemon mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat membunuh kuman dan basil penyebab busuk keringat.

Caranya:
  • Peras 2 buah jeruk nipis dan masukan kedalam sebuah wadah
  • Campurkan perasan tersebut dengan kapur sirih hingga membentuk krim
  • Setelah mandi, oleskan campuran tadi secara merata ke adegan ketiak
  • Diamkan sekiranya 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih

11. Cengkeh

Berbicara mengenai kandungan antibakterial, cengkih juga termasuk kedalam materi tradisional yang mengandung senyawa tersebut. Tidak hanya itu saja, cengkih juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang bertindak mencegah adanya peradangan.

Caranya:
  • Rendam cengkih dengan menggunakan air hangat
  • Kemudian, minum rendaman cengkih tersebut secara rutin 3x seminggu
  • Selain itu, kau juga bisa membasuh tubuh eksklusif dengan air rendaman tersebut biar akhirnya semakin maksimal.

12. Jahe

Jahe bagi orang Indonesia merupakan rempah yang kaya akan manfaat. Biasanya 
rempah satu ini dimanfaatkan untuk penghangat tubuh, tapi ternyata konsumsi wedang jahe secara rutin juga baik untuk menghilangkan busuk badan.

Konsumsilah wedang jahe secara rutin 1x sehari setiap malam sebelum tidur. Apabila tidak ada wedang jahe, kau bisa merebus jahe kemudian menambahkan sedikit gula biar lebih nikmat.

13. Kecombang

Cara alami menghilangkan busuk ketiak selanjutnya yaitu dengan kecombrang. Bunga kecombang mengandung senyawa yang dapat membuat busuk ketiak kau harum. Caranya cukup oleskan kuncup tanaman satu ini secara merata pada adegan ketiak, lipatan pengan, leher (bila perlu), dan lutut.

14. Daun jambu biji

Inilah cara mengatasi busuk tubuh yang sering saya lakukan. Ambilah daun jambu biji yang masih segar, kemudian tumbuk daun tersebut dengan menggunakan cobek atau bisa juga diblender hingga halus. Oleskan halusan tersebut secara merata pada adegan ketiak. Kandungan mineral dan antibakteri pada jambu biji akan membunuh kuman penyebab busuk badan.

15. Ganti pakaian secara rutin

Selain mandi sebanyak 2x sehari, kau juga harus selalu rutin mengganti pakaian. Sebab keringat yang menempel di pakaian akan menjadi sarang basil penyebab busuk badan. Terlebih apabila kau mengeluarkan banyak keringat hingga membuat baju basah.

16. Banyak olahraga

Olahraga memang menyebabkan banyak keringat yang keluar, akan tetapi keringat ketika olahraga sesungguhnya dapat membantu membuang kuman dan basil pada adegan pori. Lakukan olahraga jogging atau sepeda kalem setiap pagi secara rutin. Tidak usah lama-lama, cukup 30 menit sehari selama 1 ahad saja busuk tubuh kau sudah berkurang.

Itulah beberapa cara menghilangkan busuk tubuh permanen dengan mudah secara alami yang dapat saya sampaikan. Selain bakteri, bulu ketiak juga bisa menyebabkan busuk badan. Oleh alasannya itu, baca selengkapnya cara menghilangkan bulu ketiak yang telah saya sampaikan sebelumnya.

0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 16 Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen Mudah Secara Alami"

Back To Top