Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 9 Cara Mengobati Panas Dalam Cepat Secara Alami

Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami – Seperti telah kita ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang menerima penyinaran matahari secara maksimal. Kondisi semacam ini dapat menyebabkan aneka macam macam persoalan kesehatan, termasuk salah satunya panas dalam.

cara menyembuhkan panas dalam alami
Cara mengobati panas dalam
Banyak sekali masyarakat awam yang menganggap panas dalam merupakan sebuah penyakit, padahal tidak demikian. Menurut para ahli, panas dalam merupakan tanda dari respon badan yang mengalami gangguan. Ini berarti panas dalam termasuk kedalam gejala sebuah penyakit yang akan muncul.

Masalah panas dalam mampu menyerang siapa saja. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga dengan orang dewasa. Biasanya orang yang suka beraktivitas di luar ruangan cenderung akan lebih beresiko terkena panas dalam ini.

Penyebab Panas Dalam

Ada banyak sekali penyebab panas dalam yang wajib kau ketahui. Adapun penyebab-penyebab itu antara lain seperti:
  • Kekurangan asupan vitamin C, serat, dan cairan dalam tubuh
  • Terlalu banyak konsumsi makanan panas dan berlemak/minyak
  • Faktor cuaca dan lingkungan, terutama dikala cuaca panas/kemarau
  • Kondisi seseorang yang mengalami stres
  • Adanya ketidakstabilan hormon dalam tubuh
  • Daya tahan badan yang menurun (imunitas)

Ada baiknya, bagi kau yang belum terkena panas dalam untuk segera menghindari beberapa penyebab panas dalam diatas.

Gejala Panas Dalam

Meskipun bukan sebuah penyakit, akan tetapi gejala panas dalam mampu membuat seorang penderita sangat terganggu. Berikut beberapa gejala yang sering dialami oleh seseorang yang terkena panas dalam:
  • Munculnya aneka macam macam gangguan pada episode mulut. Mulai dari sariawan, bibir pecah-pecah, dan bacin verbal yang menyengat
  • Terjadinya gangguan sistem pencernaan ibarat sembelit (susah BAB) dan wasir
  • Adanya gangguan pada episode organ tenggorokan. Misalnya ibarat sakit tenggorokan, peradangan, tenggorokan gatal, kering, dan masih banyak lagi
  • Sering merasa haus dan selalu ingin minum, bahkan mampu berpotensi mengalami dehidrasi berat
  • Badan terasa meriang dan terkadang panas tinggi
  • Munculnya rasa sakit pada episode tenggorokan dikala menelan makanan

Sebenarnya cara mengobati panas dalam itu sangatlah mudah sekali. Kamu tak perlu membeli obat panas dalam ke apotek ataupun melaksanakan perawatan medis dengan biaya mahal. Beberapa obat alami panas dalam pun mampu dipakai, apa sajakah itu? simak beberapa cara menyembuhkan panas dalam berikut ini.

Cara Menyembuhkan Panas Dalam Mudah Secara Alami
Cara mengobati badan panas dalam
Obat alami panas dalam
1. Minum air kelapa hijau muda

Tahukah kau apa kandungan air kelapa muda itu? air satu ini ternyata mengandung senyawa elektrolit yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan ion tubuh, kandungan tersebut juga mampu membantu mengobati panas dalam.

Cara mengobati panas dalam dengan air kelapa:
  • Sebenarnya kau mampu meminum pribadi air kelapa segar. Namun biar jadinya maksimal jangan lupa campurkan madu alami
  • Minum secara rutin minimal sebanyak 1 kali dalam seminggu. Biasanya dalam jangka waktu 3 hari, panas dalam sudah sembuh total.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel berbeda dengan jenis cuka pada umumnya. Salah satu perbedaan yang paling menonjol yaitu pada tingkat kekerasan. Cuka sari apel cenderung lebih lembut (tidak keras) dari cuka jenis lain.

Diperkaya dengan kandungan antibakterial dan vitamin C yang cukup tinggi, cuka sari apel sangat cocok sebagai obat alami panas dalam. Bahkan dengan penggunaan rutin, aneka macam sakit tenggorokan mampu hilang secara efektif.

Cara menghilangkan panas dalam dengan cuka sari apel:
  • Caranya siapkan cuka sari apel sebanyak 5-7 sendok makan. Kemudian campurkan dengan 1 gelas air hangat
  • Setelah itu, gunakan air cuka tersebut untuk berkumur-kumur selama 10 menit
  • Apabila sudah selesai, buang air cuka tersebut dan berkumurlah lagi dengan air hangat untuk membilasnya.

3. Madu dan perasan lemon

Madu merupakan minuman yang mengandung aneka macam macam nutrisi. Mulai dari kandungan nutrisi mineral alami, vitamin, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan inilah yang cukup bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh, salah satunya mengobati panas dalam.

Namun biar jadinya maksimal, campurkan madu bersama dengan lemon. Buah lemon sendiri mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dengan demikian, sangatlah baik untuk mengatasi panas dalam.

Cara mengobati panas dalam dengan madu dan lemon:
  • Campurkan 6 sendok makan madu alami dengan 3 sendok makan perasan air lemon
  • Setelah itu, minumlah ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2x sehari. Kamu mampu meminumnya sebelum tidur dan setelah bangkit tidur

4. Rambut jagung muda

Mungkin cara mengobati panas dalam dengan rambut jagung lumayan aneh. Akan tetapi percaya atau tidak, cara ini sangatlah efektif sekali. Saya sendiri jika sedang mengalami panas dalam menggunakan rambut jagung muda. Tak hanya panas dalam yang akan sembuh, tetapi verbal dan tenggorokan kita pun akan semakin sehat.

Cara menyembuhkan panas dalam dengan rambut jagung muda:
  • Langkah pertama siapkan satu genggam rambut jagung muda yang masih fresh atau segar
  • Selanjutnya rebus rambut jagung tadi dengan air sebanyak 3 gelas, tunggu hingga mendidih dan air menjadi 1 gelas
  • Agar rasanya tidak eneg, kau dapat menambahkan jahe dan gula batu. Setelah tercampur merata, saring dan pisahkan
  • Konsumsilah air rebusan rambut jagung muda tersebut secara rutin minimal 1x sehari hingga panas dalam reda.

5. Kacang hijau

Kacang hijau termasuk kedalam jenis polong-polongan yang mengandung serat cukup tinggi. Kandungan serat tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam, tetapi juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan badan kita. Bahkan konsumsi kacang hijau secara rutin juga akan membantu meningkatkan sistem imun badan kau secara bertahap.

Cara mengobati panas dalam dengan kacang ijo:
  • Tahap pertama siapkan 2 genggam kacang hijau
  • Setelah itu rebus kacang hijau tadi dengan 3 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas air saja
  • Kemudian tambahkan jahe dan gula kerikil biar rasanya semakin nikmat
  • Setelah itu saring dan pisahkan dengan ampasnya. Lalu konsumsilah air rebusan kacang ijo tadi secara rutin minimal 1x sehari hingga sembuh.

6. Telur ayam kampung

Di desa saya, telur ayam kampung sering digunakan untuk jamu oleh bapak-bapak. Konon menurut mereka, setelah menenggak telur ayam kampung mentah mampu meningkatkan stamina tubuh. Ternyata setelah diteliti oleh para ahli, jamu telur ayam kampung juga cukup efektif untuk obat panas dalam alami.

Cara mengatasi panas dalam dengan telur ayam kampung:
  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung yang masih segar
  • Buat lubang sedikit pada episode ujung telur. Lalu tuang hingga putih telurnya semua keluar, usahakan jangan hingga kuning telur ikut keluar
  • Setelah itu besarkan lubang tadi, kemudian tenggak kuning telur secara langsung.
Catatan: bagi kau yang memiliki persoalan jerawat, sangat tidak disarankan untuk menggunakan cara keenam ini. alasannya yaitu kandungan lemak tinggi dalam kuning telur dapat membuat infeksi semakin parah.

7. Air garam

Biasanya air garam digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang, namun kali ini kau mampu mencobanya untuk menyembuhkan panas dalam. Garam dipercaya mengandung senyawa mineral alami yang dapat mengatasi aneka macam macam gejala panas dalam. Mulai dari sakit tenggorokan, iritasi, sariawan, dan masih banyak lagi.

Cara mengobati sakit panas dalam dengan garam:
  • Tuang 5-6 sendok makan garam halus kedalam 1 gelas air hangat
  • Larutkan semua garam tersebut, kemudian gunakan untuk berkumur selama 5 menitan
  • Lakukan secara rutin terutama sebelum tidur dan setelah bangkit tidur.

8. Kencur

Obat alami panas dalam selanjutnya yaitu kencur. Biasanya kencur atau kunir banyak digunakan untuk memasak, tetapi setelah dilakukan penelitian ternyata rempah asli Asia ini mengandung mineral alami yang mampu membantu menurunkan panas dalam. Bahkan kencur juga cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak dan kering.

Cara mengobati panas dalam dengan kencur:
  • Siapkan kencur berukuran 2-3 ibu jari
  • Selanjutnya kupas, cuci, dan parut kencur tadi hingga halus
  • Peras halusan kencur tadi hingga menghasilkan sari berwarna kuning pekat
  • Campurkan beberapa ml air hangat biar tak terlalu pekat, kemudian konsumsi secara rutin setidaknya 1x sehari hingga sembuh.

9. Konsumsi banyak buah-buahan

Jika kau tidak ingin ribet dengan membuat aneka macam ramuan diatas, maka saya sarankan untuk mengonsumsi buah-buahan saja. Seperti kita ketahui bersama, buah merupakan sumber aneka macam macam nutrisi, termasuk vitamin C dan serat.

Setidaknya ada sekitar 14 buah yang mampu kau jadikan sebagai obat alami panas dalam. Buah tersebut antara lain ibarat buah alpukat, buah strawberry, anggur, kiwi, sirsak, blewah, tomat, mangga, delima, apel, jambu biji, jambu monyet, pisang, dan jeruk.

Dari banyaknya jenis buah-buahan tersebut, sebetulnya memiliki manfaat yang sama tetapi saya lebih suka konsumsi buah jambu biji. Karena jambu biji mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari pada buah lain. Selain itu, kandungan kolagen yang tinggi juga mampu bantu mengatasi keriput wajah.

Bagaimana, gampang kan? Nah ibarat itulah cara mengobati panas dalam yang mampu saya sampaikan. Meskipun jadinya tidak instan, namun untuk persoalan hasil kau tidak akan kecewa. Percaya deh!



Menarik dan bermanfaat? Bantu share ke teman-teman yuk!
Tag : Blog, Kesehatan
0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 9 Cara Mengobati Panas Dalam Cepat Secara Alami"

Back To Top