Artikel Jendela Dunia

Sehat Pasti Cantik 19 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lidah BuayaAloe vera dikenal sebagai salah satu tanaman herba kaya manfaat semenjak ribuan tahun yang lalu. Secara historis, tanaman pengecap buaya memiliki khasiat dalam menyembuhkan banyak sekali penyakit kulit dan efektif sebagai obat pencahar.

Bagian-bagian pengecap buaya yang mampu kita manfaatkan yaitu gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di tengah kulit pengecap buaya, sedangkan lateks mampu kita dapatkan dari sel yang berada sempurna di adegan lapisan kulit pengecap buaya.

Gel pengecap buaya yang berwarna bening menyerupai jeli ini sering digunakan untuk membuat losion, krim, salep, dan sebagainya. Lateks sering diolah menjadi zat-zat kering, menyerupai suplemen. Akan tetapi ada pula obat yang memakai keduanya.

Selain diolah menjadi obat, mungkin kau juga pernah menggunakan pengecap buaya dalam bentuk alami. Biasanya para wanita menggunakan tanaman ini untuk merawat rambut dan kulit. Mereka percaya, pengecap buaya dapat membuat rambut lebih rupawan dan kulit menjadi halus.

Lalu bagaimana kenyataan dari manfaat pengecap buaya ini? Nah simak ulasan berikut untuk mengetahui fakta yang bahu-membahu mengenai kegunaan pengecap buaya.

Manfaat Lidah Buaya yang Sebenarnya

1. Mengatasi gatal dan ruam

Menurut penelitian, berkumur dengan menggunakan obat kumur yang mengandung pengecap buaya minimal tiga hari sekali selama 3 bulan, dapat membantu mengurangi rasa gatal dan ruam di mulut.

Hal yang sama juga berlaku jikalau kau mengoleskan gel pengecap buaya ke kulit sebanyak dua kali sehari selama 1 bulan. Lidah buaya mengandung mineral alami yang berfungsi untuk menangkan kulit.

2. Obat kontipasi dan sembelit (susah BAB)

Kontipasi, sembelit, atau susah buang air besar dapat disebabkan karena tubuh kekurangan serat dan cairan. Untuk mengatasinya kau tak perlu membeli obat/suplemen mahal, cukup gunakan pengecap buaya saja.

Menurut andal gizi, lateks yang terkandung dalam pengecap buaya memiliki senyawa kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Namun jangan digunakan dalam jumlah berlebih, karena sifat laktasifnya yang tinggi justru menjadikan diare.

3. Mengobati penyakit herpes

manfaat pengecap buaya

Herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi herpes simplex virus(HSV). Penyakit kulit ini kerap ditemui dengan ciri bintik merah bergerombol yang berisi gelembung-gelembung air pada kulit, yang biasanya terasa panas dan gatal.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengoleskan krim dengan ekstrak pengecap buaya 0,5 % sebanyak tiga kali sehari, mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka jawaban virus herpes simpleks ini.

4. Membantu pengobatan psoriasis ringan

Bagi penderita psoriasis tentunya merasa sering terganggu dengan bercak merah dan kulit bersisik yang muncul. Psoriasis disebabkan karena sistem imun yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat, sehingga muncul reaksi perlawanan berupa bercak merah, gatal, dan bersisik.

Lidah buaya mengandung senyawa alprogen yang dapat membantu menghentikan reaksi autoimun tersebut. Akan tetapi bukan berarti pengecap buaya menjadi satu-satunya obat psoriasis, tanaman ini hanya bersifat membantu pengobatan saja.

5. Mempercepat penyembuhan luka baru

Lidah buaya memiliki senyawa yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka yang dikenal dengan glukomanan dan gliberelin. Senyawa ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan pembentukan kolagen di area sekitar luka. Dengan demikian pembentukan jaringan gres mampu berlangsung lebih cepat.

Cara mengobati luka dengan pengecap buaya:
  • Cuci luka hingga benar-benar bersih
  • Pastikan pendarahan luka sudah berhenti. Jika luka sayatan masih keluar banyak darah, hentikan dengan menekan menggunakan kain kasa
  • Oleskan gel pengecap buaya secara merata ke area luka.
Note: untuk mengurangi risiko infeksi sebaiknya selalu pastikan semua benda/alat yang kau gunakan dalam keadaan bersih.

6. Mengobati luka bakar ringan

Mungkin kau sudah pernah menggunakan pengecap buaya untuk urusan satu ini. Lidah buaya memiliki kandungan aloesin yang bersifat antiradang, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri atau perih jawaban terbakar. Entah itu terbakar karena api, sinar matahari, knalpot, materi kimia, ataupun lainnya.

Selain mengurangi rasa nyeri, pengecap buaya juga dapat membantu mencegah munculnya bekas luka bakar. Caranya tempelkan adegan dalam pengecap buaya ke luka bakar yang kau alami. Lakukan secara rutin 2x sehari selama 1-2 bulan untuk menerima hasil terbaik.

7. Menyamarkan bekas luka yang sudah lama

manfaat pengecap buaya

Glukomanan dan gliberelin yang terdapat dalam pengecap buaya tidak hanya bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka saja, tapi juga mampu membantu menyamarkan bekas luka yang sudah menahun.

Sekarang ini telah banyak produk penghilang bekas luka yang menggunakan ekstrak pengecap buaya sebagai salah satu materi utamanya. Namun bagi kau yang suka alami, mampu kok pribadi mengaplikasikan gel pengecap buaya ke area bekas luka.

8. Menjaga keremajaan kulitmu

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pengecap buaya memiliki khasiat besar untuk kesehatan kulit. Salah satunya yaitu menjaga keremajaan kulit. Kandungan antioksidan dalam pengecap buaya dapat melawan radikal bebas yang berperan pada proses penuaan dini.

Selain itu, gel pengecap buaya yang kaya vitamin E dan mineral juga terbukti meningkatkan produksi kolagen, yaitu semacam zat yang dapat membuat kulit selalu tampak kencang dan segar. Jadi, jangan lupa gunakan masker pengecap buaya secara rutin setiap habis mandi ya.

9. Menghilangkan panuan di wajah

Lidah buaya tidak hanya bertindak sebagai distributor anti-bakterial, antiradang, dan antioksidan saja, tapi ia juga mampu berperan sebagai anti-jamur. Sifatnya inilah yang membuat pengecap buaya efektif untuk mengobati panu di wajah.

Caranya:
  • Oleskan gel pengecap buaya selama 30-60 menitan ke area panuan
  • Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara rutin minimal 1x sehari hingga panuan yang kau alami hilang.

10. Menghilangkan plak dan karang gigi

Plak dan karang gigi sering sekali membuat sebagian orang merasa kurang nyaman. Salah satu penyebab munculnya duduk perkara tersebut ialah zat yang dihasilkan oleh kuman yang berkembang di dalam rongga mulut.

Untuk mengatasi duduk perkara tersebut kau mampu menggunakan pengecap buaya sebagai obat kumur. Khasiat ini sudah terbukti melalui penelitian yang menyebutkan pengecap buaya dapat menghambat pertumbuhan kuman di rongga mulut.

11. Menurunkan berat badan

manfaat pengecap buaya

Khasiat lain yang tak kalah menarik dari pengecap buaya ialah efek menurunkan berat badan terutama pada orang yang mengalami kegemukan atau obesitas.

Lidah buaya memiliki kandungan serat tinggi yang dapat mengikat lemak berlebih serta melancarkan sistem pencernaan. Disamping itu pengecap buaya juga rendah kalori, sehingga tidak akan membuat berat badanmu bertambah.

12. Mengobati diabetes melitus (penyakit gula)

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Cambridge University, aloevera mengandung senyawa yang dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin dalam mengontrol gula darah. Ini sangat baik untuk para penderita diabetes.

Konsumsi ekstrak pengecap buaya 1x sehari dapat membantu menurunkan gula darah ke angka normal. Namun perlu diingat, pengecap buaya hanya membantu mengontrol diabetes, bukan sebagai pengganti obat diabetes yang diberikan oleh dokter.

13. Menurunkan kolesterol jahat dalam darah

Sebuah penelitian membuktikan konsumsi pengecap buaya secara rutin selama sebulan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat hingga 25 %.
Kandungan asam amino dalam pengecap buaya dipercaya dapat mengikat kolesterol jahat untuk segera diproses dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

14. Mengobati dermatitis atau eksim

Dermatitis merupakan kondisi peradangan pada kulit yang disebabkan karena pengaruh lingkungan, menyerupai karena terpapar sinar matahari. Biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah yang terkadang juga terasa gatal.

Sensasi masbodoh yang ada pada pengecap buaya dapat membantu mengurangi efek peradangan jawaban dermatitis. Selain itu, kandungan alprogen dan C-glukosilnya dapat membantu menyamarkan kemerahan pada kulit.

15. Menghilangkan jerawat

manfaat pengecap buaya untuk kecantikan

Semua orang tentu sudah pernah mengalami jerawatan. Untuk mengatasinya kau tak perlu melaksanakan perawatan mahal. Gunakan gel pengecap buaya sebagai masker secara rutin sehabis mandi.

Dengan kandungan polifenol yang bersifat antibakterial, jerawat yang ada di wajahmu akan segera hilang. Bila ingin balasannya lebih optimal, lakukan juga perawatan wajah berjerawat dengan materi alami lainnya.

16. Menetralisir racun berbahaya dalam tubuh

Lidah buaya masuk kedalam sepuluh tanaman herba terlaris di dunia. Menurut penelitian, tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu membersihkan racun berbahaya dalam tubuh, atau istilah medisnya dikenal dengan detoksifikasi.

Mengonsumsi segelas jus gel pengecap buaya secara rutin dapat membantu menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisinya yang lengkap juga membantu meningkatkan stamina tubuh.

17. Sebagai obat nyamuk

Manfaat pengecap buaya selanjutnya yakni sebagai obat nyamuk. Aloevera masuk kedalam jajaran tanaman yang dibenci oleh para serangga.

Selain sebagai obat nyamuk, pengecap buaya juga mampu mengatasi gatal atau abses jawaban gigitan serangga, ia mengandung gel masbodoh yang dapat menangkan kulit. Caranya cukup oleskan gel pengecap buaya ke adegan kulitmu secara merata tanpa perlu membilasnya.

18. Mengatasi ketombe, rambut rontok, dan bercabang

manfaat pengecap buaya

Sudah bukan belakang layar lagi kalau pengecap buaya sangat baik untuk merawat rambut. Tanaman ini mengandung zinc, vitamin E, kalium, dan banyak sekali mineral alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambutmu.

Cara merawat rambut dengan pengecap buaya:
  • Ambil gel pengecap buaya yang masih segar
  • Sebelum keramas oleskan gel tersebut ke seluruh kulit kepala
  • Beri pijatan lembut kurang lebih 5 menit, kemudian diamkan selama setengah jam agar meresap optimal
  • Bila sudah meresap bilaslah dengan menggunakan air masbodoh hingga bersih.

19. Kondisioner alami

Yang terakhir yaitu pengecap buaya mampu kau manfaatkan sebagai kondisioner alami rambut. Gel pengecap buaya bersifat melembabkan, sehingga dapat mencegah rambut kering dan kusam.

Selain itu, kandungan nutrisinya yang cukup lengkap juga sangat baik untuk menjaga rambut tetap hitam dan berkilau alami.

Tidak Semua Orang Bisa Mengonsumsi Lidah Buaya

Produk dari pengecap buaya sebaiknya tidak asal dikonsumsi. Bacalah info pada kemasan untuk memeriksa apakah cocok dengan kondisi kau ketika ini.
Ada sebagian orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi pengecap buaya karena faktor keamanan, antara lain:
  • Anak-anak. Khususnya yang berusia dibawah 12 tahun mungkin mampu mengalami diare, kram perut, dan sakit perut seusai mengonsumsi produk pengecap buaya. Oleh alasannya itu hindari penggunaan pada usia itu kecuali berada di bawah pengawasan dan proposal dokter.
  • Ibu hamil dan menyusui. Ada laporan yang mengaitkan pengecap buaya dengan keguguran dan bayi lahir cacat. Demi berjaga-jaga, ada baiknya ibu hamil dan menyusui tidak mengonsumsi produk pengecap buaya.
  • Ingin melaksanakan operasi. Lidah buaya memengaruhi kadar gula darah dan dapat menganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi. Kaprikornus hentikan konsumsi pengecap buaya, setidaknya dua ahad sebelum operasi.
  • Penderita wasir. Kamu mampu memperburuk kondisi diri sendiri bila mengonsumsi produk pengecap buaya. Khususnya lateks ketika menderita wasir.
  • Penyakit ginjal. Mengonsumsi lateks berlebihan juga dikaitkan dengan gagal ginjal. Maka dari itu, bagi kau yang menderita duduk perkara ginjal ada baiknya jangan mengonsumsi.
  • Memiliki duduk perkara usus. Lateks dalam pengecap buaya berpotensi mengiritasi usus.
Berhati-hatilah sebelum mengonsumsi atau mengaplikasikan materi alami, termasuk salah satunya pengecap buaya. Bahan alami memang aman, namun semuanya tidak demikian apalagi setelah diproses. Ada sebagian kalangan yang dilarang mengonsumsinya karena alasan keamanan.

Oleh alasannya itu, cari tau info sebanyak mungkin sebelum kau mengonsumsi sesuatu, atau bertanya pribadi ke dokter. Dan jangan lupa selalu utamakan menggunakan produk yang sudah terdaftar di BPOM RI. Semoga bermanfaat.
Tag : Blog, Kesehatan
0 Komentar untuk "Sehat Pasti Cantik 19 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Back To Top